26 April 2007

277

Sebenarnya agak malas untuk menulis tentang Kala. Bukan karena (sok) sibuk atau gimana. Mungkin ada sedikit perasaan takut terlihat bodoh kalo gue tidak bisa membuat interpretasi yang cerdas tentang Ratu Adil atau Sang Penidur atau pedang Xena atau sampul buku Jayabaya yang agak mirip manusia Vitruvia. Tapi karena banyak yang meledak-ldak di kepala, ya sudahlah, akhirnya nulis juga.

Yang gue suka dari Kala adalah film ini dibuat sangat rapi (di luar efek khusus yang cupu karena keterbatasan dana), sehingga mencekam dari awal dan tetap bertahan sampai akhir dengan tetap meyakinkan. Aktor-aktrisnya berakting cukup mantap untuk peran pseudo-Hollywood taun '40-an :D Penata artistiknya pasti berpesta pora, dan musiknya Zeke pas banget. Menurut gue, penyutradaraan yang ok adalah yang bisa membuat penonton merasakan apa yang sutradara ingin mereka rasakan, dan menurut gue di situ Joko udah berhasil.

Yang gue gak suka adalah gue gak begitu suka ceritanya. Hehe, fatal ya? Karena walaupun meyakinkan dan logis secara internal (huh, lagi-lagi gue dan logika dalam), tapi gak masuk dalam rangka berpikir gue. Screw me and my left-dominant brain!

Kalo Joko mencoba memotret me-recreate sebuah dunia yang paralel dengan kondisi Indonesia dengan segala luka dan boroknya, dia juga berhasil. Walopun gue inget ketika Joko bawa film Flirting ke LFM, lalu kita ngebahas sok mendalam ke mana-mana dan akhirnya Joko menyimpulkan, "Dan kalo sutradaranya ternyata gak bermaksud apa-apa, bahwa film ini isinya emang tentang pacaran, ya gak pa-pa."

Menurut gue, suka atau tidak suka, setiap orang terpaksa sependapat bahwa Kala adalah terobosan berani untuk perfilman Indonesia. Mungkin sama dengan ketika Garin Nugroho membuat Surat Untuk Bidadari 13 taun yang lalu. Oh, jadi pingin ngebandingin Kala sama Opera Jawa, yang memotret situasi Indonesia kontemporer yang vulgar dan brutal dengan sangat indah. Dua-duanya menghasilkan reaksi yang sama dari gue ketika filmnya selesai: bengong. Brilian!

(Baru saja menonton Kick Andy, tentang Tragedi Trisakti dan Semanggi. What the f*** do I know about violence?)

11 komentar:

  1. Gara2 baca komen di sinema-indonesia, gue udah tahu (sebagian besar) ceritanya: oh, si Ratu Adilnya Ranti ya, oh si Ranti lezz ya, oh nanti ada manusia terigu ya, oh Fachry Albar jadi Sang Penidur di legenda itu ya, oh si Shanty tokoh antagonisnya ya... hehehe

    Padahal dalam bahasa Jawa, 'Ratu' itu artinya Raja laki-laki -bukan Raja perempuan/permaisuri. Tapi siapa bilang Indonesia itu Jawa? :p Dan emangnya ini cerita ttg Indonesia? Hehehe.... (gue belum nonton aja udah banyak omong)

    Eh besok Opera Jawa bakal diputer di San Francisco Film Fest. Nonton, enggak, nonton, enggak.....

    BalasHapus
  2. oops sory, komen gue sebelumnya harus dikasih *SPOILER ALERT* ya...

    ****SPOILER ALERT**** (telat)

    BalasHapus
  3. komen gue atas komen lo, stan: lo mesti nonton dulu deh. after all, kita kan emang dah niat untuk nonton semua filmnya joko ;P

    dan opera jawa sangat recommended untuk ditonton!

    BalasHapus
  4. Yup, screw you with your left-dominated brain. Hihihi.
    (jangan marah, mbak. atau lebih marah kalau aku panggil "mbak"?)
    Lha sebetulnya apa dari segi cerita yang mengganjal, Ran? Unsur fantasinya? Endingnya yang menjamin ganti genre kalo ada sequel? (kecuali bisa diakali lagi dengan jenius)
    Kayaknya ngebicarain yang satu ini harus kopdar :) hehe, intinya ngajak kopdar.

    Oia, ralat ya. Buku ramalan Jayabaya lebih mirip kitab terlarang yang mungkin hanya bisa ditemukan di pojok2 tergelap daftar "Index Librorum Prohibitorum "-nya Vatikan :P
    Yang lebih mirip Vitruvian tuh si makhluk Pindoro-nya.

    BalasHapus
  5. Gw bersyukur gw lupa review2 yang gw baca waktu gw nonton film ini...Jadi gw tetep bisa menikmati sampe ending. Bener kata SI, ide campur2an gila ini meleset dikit aja bisa jadi film garing yang parah (I wonder, gmn bakal jadinya kalo ide ini ditawarin ke Nayato Fio Nuala, hehe..). Makanya yang paling gw salut dr Joko adalah dia berhasil mencampur ide, setting (bahkan dg poster2 realis-sosialis itu!), cerita, outfit, art directing, tone, musik latar, dengan hasil yang menurut gw dapet bang-geut. Gripping n terrifying.

    Seperti kata Stan, gw agak mengernyit jg waktu membahas tentang Ratu Adil, ada dialog, "..baguslah dia masih menghargai perempuan..", karena Suhartopun pengen 'madheg pandhito ratu'.

    Tapi bener, film ini bisa bikin gw merinding disko di tempat duduk, mana gw nontonnya di TIM, jam 21.30, sendirian (hiks!), di studio yang cuma 1/4 penuh..heheh.

    BTW, ada yang baca reviewnya Susy Ivvaty di Kompas 2 minggu lalu? Aku rasa beliau kok agak gak nyambung ya...

    Opera Jawa? Ran, minta posternya duoongg...;p

    BalasHapus
  6. hmmm, ketinggalan neh jeng; masih beredar gak ya...

    BalasHapus
  7. Gue bersyukur lo udah nulis ttg ini, jadi gw tinggal komen, soalnya lagi males nulis review (yg gadungan ala gue itu) akhir2 ini.

    Gue bersyukur review yg gue baca nggak jadi spoiler pas gw nonton.

    Gue bersyukur review yg gw baca mempersiapkan gue untuk liat adegan2 sadis di film ini..hehe..jadi nggak kaget2 amat pas nonton..

    Hm..gw suka bahwa film ini menerobos sesuatu. Gw suka gambarnya. Gue suka keberaniannya. Gue suka imajinasinya. Gw gak suka acting (mimik, intonasi, dan gerak tubuh) Fahrani sebagai Ratu Adil. Mungkin Uma Thurman lebih cocok. hehe.

    Gue suka Fahri Albar. Haduh. Mau copot jantung ini. Wakakak. Tapi di beberapa scene yg dia sendirian malah bikin film ini kayak film Itali atau mana gitu, gara2 tampangnya. Hahah. Nggak masalah.

    Gue tetep kurang nyaman mendengar dialog2 yg dibikin Joko. Semua karakter terdengar sama isi kepalanya. Dan kenapa para strangers are so chatty? Belum kenal udah suka cerita macem2 panjang lebar. Apa ini mo dijadiin style-nya Joko?

    BalasHapus
  8. good review ran.....(gw blom liat filmnya) gw suka cara loe betutur utk review ini......

    BalasHapus
  9. #ifan: cerita (dalam cerita)nya gak ganjel, cuma gak suka. boleh dong.

    gue inget ada sesuatu yg mirip vitruvia tapi ga inget persisnya yg mana ;P

    #wildan: hehe, untung ga nonton sendiri. iya, gue baca review-nya mbak susi itu. mungkin ngejar detlain kali *sok positif tingking* baca review-nya LSC ga? overall ok, cuma gue selalu geli kalo dia memuji kegantengan aktor2nya (walopun emang ganteng ;P

    #mas aroengbinang: kalo liat situs 21 si jakarta tinggal kalibata. di bdg masi di 4 studio

    #vira: fahri albar? ;P gue ngebayangin gimana rasanya shanty ya, make out sama brondong ;P

    iya si, dialognya joko emang "satu nada". tapi KALA kan dunia-nya joko ya, kali aja di situ semua orang emang ngomongnya begitu ;P

    *****SPOILER ALERT*****ratu adil bukan fahrani, tapi eros*****END SPOILER*****

    #mbak nila: tengkyu mbak :)

    BalasHapus
  10. tapi ran, di Janji Joni hampir satu nada semua kok.. keminter semua..

    BalasHapus
  11. haha, itu jakarta ya?

    dulu jaman dia nulis di matra si kalo ga salah joko pernah bilang bahwa dia nulis dalam bhs inggris, baru diterjemahin ke bahasa indonesia. kalo lo perhatiin emang banyak dialog dia yg keliatan banget terjemahan dr ekspresi dalam bhs inggris (btw, ada yg merhatiin ga kalo hal ini juga sering dilakukan secara tertib oleh pak amien rais :P

    kalo jakarta undercover gimana, dgn penggunaan eksesif "f**k!" dan "s**t!"

    mungkin yg paling bagus arisan ya, karena tokoh2nya emang dr satu kelas dan background yg ga jauh amat. padahal salah satu dialog favorit gw di arisan waktu andien nelpon meimei

    "Thank you Mei. I owe you big time."
    Meimei menutup telpon.
    "Udah malem masih aja pake Bahasa Inggris."

    BalasHapus