04 Oktober 2006

256

Ta'jil gak pake gorengan gak afdol.
(Widya, di LFM, udah lamaaa banget)

Kemarin buka puasa pake gorengan si Bapak. Tau kan (maksa), Bapak yang jualan gorengan di gerbang ITB itu. Hmm hmm kebetulan lagi di kampus dan memuaskan ngidam pingin buka pake gorengan, yang mana adalah salah kaprah kulinari yang terjadi pada mahasiswa. Karena kehabisan pisang goreng (yang masih memper dikit sama sunah berbukalah dengan yang manis), gue langsung nyamber bala-bala dan sebatang cengek. Pites cengek kress gigit bala-bala dan cengek barengan nyess... Nikmat deh. Kalo Umar Kayam (alm) yang cerita kayanya lebih nikmat lagi ya? Bener-bener pecinta kuliner beliau itu.

Kalo kata Ego, gorengan itu sebenarnya makanan 4 Sehat 5 Sempurna. Ada makanan pokok: ubi (dan tepung yang kadang-kadang terlalu tebal). Ada protein: tempe dan tahu. Ada sayuran: bala-bala, toge dalam gehu, cengek(?) Ada buah-buahan: pisang. Ada... hmmm... gak ding, ternyata 4 sehat aja. Tapi tentu saja, seperti kata Ifan, "Dan mereka semua digoreng dalam racun yang sama." Walopun, kalo gue boleh nambahin, sebagian racun itu diserap oleh kertas pembungkus yang tak ada yang bisa yakin asal-usul serta kebersihannya :)

*nostalgic mode on*
Kangen juga buka puasa di LFM. Gorengan dan fanta grape sampe kembung. "Yang biasa solat, solat!" Lanjut dengan permainan truf yang sempat terputus. Syedaaap...
(foto LFM dari Tomi, sebenarnya foto acara cakru '98 si... tapi memper lah ;P gue dan safik pake training TPB omigod!)
*nostalgic mode off*

6 komentar:

  1. waaa...jadi kangen sore-sore di kampuss...

    speaking of gorengan.., pernah gak makan -atau setidaknya hampir makan- gorengan yang kena luberan tinta dari tulisan di kertas pembungkusnya?

    bhuahahaha...

    BalasHapus
  2. setidak-tidaknya racun yang masuk ke tubuh tidak hanya satu macam saja. Ada minyak jelantah, ada tinta, ada MSG... Hidup keanekaragaman!

    BalasHapus
  3. nostalgic mode ON/OFF? kata pengarang Indian favorit gue, Sherman Alexie: "We all know that nostalgia is dangerous, but I remember those days with a clear conscience.". makasih link bapak gorengannya, gue jadi tau nama beliau. dulu pernah masukin cerita ttg beliau di artikel gue ttg kesepian. bahwa scene malam2 itu, di gerbang depan ITB: hamparan pelataran yg luas dekat tiang bendera, gelap menyekap lanskap, dan pendar petromaks dari gerobak si bapak. damn. kalo saja Wim Wenders pernah melihatnya, pasti sudah dia tangkap sebagai scene dramatik yg dahsyat ttg pemaknaan ulang atas kata 'kesunyian'.

    BalasHapus
  4. bukan mentang2 mangkal di itb, wadah plus penyerap racun itu sering kertas ujian lo, gak cuma pendidikan tinggi, tapi juga pendidikan menengah juga dasar, juga berbagai macam subject, dari teknik sampe agama...

    BalasHapus
  5. iya, bang wildy. gue pernah tuh, beli gorengan dapet bungkus bekas kertas ulangan agama anak SD. ada pertanyaan "bagaimana doa sebelum makan?" ya gue baca aja jawabannya. haha pas banget kan ama gue yg mau makan gorengan. tapi anehnya, abis makan gorengan itu kok gue jadi ngantuk ya? jangan-jangan si anak SD itu tidak belajar sebelum ulangan, dan salah menuliskan jawaban dengan "doa sebelum tidur..."

    zzz... zzz... zzz...

    BalasHapus
  6. hahaha..cuplikan di atas ngangenin banget suasana lfm saat itu

    BalasHapus