23 Februari 2006

Apa lagu Nirvana yang paling lo suka?

Pertanyaan itu kayanya relevan untuk mereka yang ngerasain jadi remaja di pertengahan taun '90-an. Yeah... mungkin gak yang suka-suka banget tapi minimal pernah dengerlah Smells Like Teen Spirit. Ngomong-ngomong lagu itu dinobatkan sebagai lagu tema Generasi X sebagaimana halnya Kurt Cobain juga dianggap sebagai juru bicaranya.[1] Bahkan Perpustakaan Kongres Amerika menetapkan Nevermind sebagai album yang perlu dilindungi karena "signifikansinya terhadap kebudayaan, sejarah, dan estetika" satu generasi di Amerika. [2] Haibat!

Gue bahagia banget kemaren-kemaren sempet liat fitur tentang Nirvana di O Channel. Kayanya ada hubungannya dengan peluncuran album With The Lights Out atau mungkin Sliver: The Best of The Box yang isinya macam rekaman demo dan lagu-lagu yang belum pernah dirilis. Nontonnya gak dari awal sih. Tapi asik deh. Tentunya ada obrolan dengan Dave Grohl dan Krist Novoselic. Trus wartawan-wartawan musik (gak inget dari mana aja). Courtney Love malah enggak prasaan (cuma dokumenter seputar kematian Kurt). Kalo gak salah juga ada komentar Stone Gossard, dan yang istimewa ada komentar David Bowie. Doi[3] bilang merasa tersanjung karena Nirvana membawakan lagunya, The Man Who Sold The World, di acara MTV Unplugged.

Kalo mo jujur, gue dulu gak sedalem itu sama Nirvana. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang cupet, Nirvana cuma asik didenger dan emang lagi ngetop aja gitu. Tapi semakin didengerin, Nirvana ternyata bukan sekedar nostalgi aja. Lirik-liriknya jujur. Marah dan jujur. Mungkin ini "semangat" yang dibawa grunge seperti yang terekam pada film Rock Star dan Singles.

Balik ke pertanyaan di atas... apa ya lagu Nirvana yang paling gue suka? Gue suka Plateau, lagunya Meat Puppets yang dibawain di MTV Unplugged in New York. Gak ada alasan khusus, seneng aja cara Kurt nyanyi di situ. Gue juga suka School yang liriknya nyaris cuma segitu. Won't you belive it, it's just my luck! Dan yang paling gue suka mungkin Lithium kali ya.

I like it I'm not gonna crack
I miss you I'm not gonna crack
I love you I'm not gonna crack
I kill you I'm not gonna crack


[1] Ada beberapa definisi tentang Generasi X, dan gak semua sama. Kalo merujuk taun kelahiran, gue bisa termasuk Generasi X dan bisa juga enggak.

[2] Dikutip nyaris plek dari Tempo edisi 23-29 Januari 2006

[3] Eh, ini mah istilah taun '80-an ya, bukan '90-an?

5 komentar:

  1. O CHannel udah 4 hari error di Kabelvision euy....

    BalasHapus
  2. heuheu,, inget nirvana, inget jaman smp.. yang pasti dandanan manggung ancur gara2 grunge tuh!

    BalasHapus
  3. paling suka lagu Nirvana yang "Come As You Are". Cobain bernyanyi: "Come as you are, as you were/As I want you to be/As a friend, as a friend, as an old enemy/And I swear that I don't have a gun/No I don't have a gun...

    And we all know he HAD a gun.

    BalasHapus
  4. hiks.. dan gw gatau kemana perginya CD Nevermind gue.. Padahal itu CD yang pertama kali gue punya!!! Dan..album2 nirvana lainnya juga entah udah gw kemanain..secara dulu gw sempet muak ama lagu2 mereka yg muram semua (the same reason why I stopped reading Seno Gumira). Jadi agak susah kalo mo bernostalgia masa remaja yg penuh amarah itu ..hehehe.. Yah setidaknya gw masih punya sih CD yg Unplugged in New York.
    Tapi album favorit gw adalah.. INCESTISIDE (eh bener gak spellingnya?). Tapi kalo ditanya lagu favorit, duuhh.. gw gak bisa jawab... bingung.. Downer..? or.. My Girl (Where did you sleep last night)? Something In The Way..? or.. apa ya...??

    And yes I did cry when Cobain died :P

    BalasHapus
  5. Hai...
    Gw suka Rape Me, Heart Shaped Box, The Man Who Sold The World...semua...

    BalasHapus