10 Februari 2005

What's The Frequency, Kenneth? Gue langsung jatuh cinta waktu pertama kali denger lagu ini, dan jatuh cinta sama Michael Stipe waktu liat videoklip-nya ;P Lagu ini powerful banget. Gue suka banget. Sempet denger juga entah di mana soal cerita-di balik-lagu-nya.

Beberapa minggu yang lalu cerita-di balik-lagu ini muncul di Tempo. Beritanya sih tentu tidak tentang lagu itu, tapi tentang Dan Rather, pembawa berita 60 Minutes yang bermasalah dengan sebuah dokumen tentang Presiden Bush yang diduga palsu. Ternyata Rather adalah inspirasi dari lagu tersebut.

Oktober 1986, di Park Avenue, Manhattan, Rather diserang dan dipukuli seseorang yang berulang-ulang berseru "Kenneth, what is the frequency?" Saking anehnya kejadian itu, "Kenneth" sempat jadi istilah untuk seseorang yang tidak jelas. Belakangan setelah pelakunya diidentifikasi, ternyata yang diucapkan bukan "Kenneth" melainkan "Goniff, what's the frequency?" Dalam bahasa Yahudi, goniff berarti pencuri atau orang yang tidak jujur. Masih aneh juga ya? (diringkas dari Terjungkal Karena Warta, Tempo, 23 Januari 2005, Akmal Nasery Basral)

For more stories, click here or here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar