28 Juli 2004

http://groups.yahoo.com/group/lingkungan/message/19152
www.jatam.org/std/std.html

Satu posting di milis lingkungan dan satu artikel dari JATAM (Jaringan Advokasi Tambang), tentang kasus Newmont di Teluk Buyat.

Seinget gue, masalah tailing ini sebenarnya udah lama juga. Mungkin baru ribut sekarang karena ada yang mati. Dan kontraknya NMR pun udah mau habiskah?

Sebenarnya gue pingin nulis apa ya? Iseng aja browsing, penasaran sama STD yang diklaim NMR safe itu. Submarine Tailing Disposal, pembuangan tailing ke lapisan termoklin laut. Tapi katanya teknik ini udah dikritik juga. Dan parahnya lagi, katanya yang dianggap termoklin di Minahasa itu sebenarnya cuma termoklin sementara. Artinya, gak berfungsi menahan tailing di kedalaman tertentu seperti teorinya. Dan parahnya lagi, gue cuma ngecap doang, hasil baca tulisan orang ;P

Selanjutnya? Basi! Salahin aja pemerintah, undang-undang, Bapedal, amdal, dan kaum kapitalis sedunia! Habis, mo ngapain lagi?

Jadi inget cerita bos gue waktu baru balik dari Malaysia. Katanya Malaysia penuh asap, dari mana lagi kalo bukan dari Indonesia. Bikin dia malu sebagai orang Indonesia.

Dulu sih Rusman cerita, ada gunung di Papua yang sukses diubah Freeport jadi danau tailing. Hebat ya Freeport.

Hehe... sekali-sekali deh gue nulis yang serius gini.

Yang ini gak serius. Nyobain tes aura di sini and the result is GREEN. Untuk tau apa artinya aura ijo, mesti purchase seharga $8.99 ;P Bisa juga liat di sini. Yeah, right.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar