30 Juni 2019

751

Hari Jumat sore kemarin, ponsel pintar gue tiba-tiba mati. Gak pake ba-bi-bu, mati aja. Kata Obie, kemungkinan IC batrenya ngadat karena sembarangan mengecas.

Mati kok ya Jumat sore, pas udah ngerencanain akhir pekan léyéh-léyéh sambil ngacapruk di grup cacamarica_hey_hey :(

Karena gue orangnya ilmiah dan rasional animis spiritual drama, gue mencari sebab-sebab nonteknikal kenapa si hape ngadat. Tiba-tiba kepikiran bahwa si hape ini belum dikasih nama. Bahkan dipikir-pikir, semua ponsel gue gak pernah dikasih nama dari jaman kalo ketinggalan mesti balik lagi sampai sekarang suka ditinggal-tinggalin di kantor. Apakah karena—walaupun udah ketergantungan—gue gak menganggap hape sebagai belahan jiwa? Padahal dulu punya hape yang pernah ngambek cuma gara-gara mau diganti casing-nya.

Gawai-gawai gue yang lain pada dikasi nama si. Dulu yang pertama dikasi nama laptop gue periode 2007-2010, si Mprit. Lalu si ipod, Maliq. Terus gantinya Mprit yang dengan sangat tidak kreatif dikasi nama Maximilienne. Terus kindlelaras yang panggilannya kadang Laras kadang Atik. Dan tentu saja karena sudah ada Atik, ketika Maliq hilang penggantinya gue kasi nama Teto. Adiknya Atik namanya kindlegalten, belum ada nama panggilan dan bahkan gak jelas jenis kelaminnya. Kayaknya harus ganti nama.

Selain ngasi nama gawai sendiri, kadang jadi apal juga nama gawai orang lain. Dulu si lumayan banyak, sekarang hasil kokoréh cuma ingat ipod-nya Budi dan Wildy dulu masing-masing namanya Didi Kempod dan Celine. Dan sejak teman-teman itu beranak-pinak, tentu lebih imperatif buat gue ngapalin nama anak-anak mereka ketimbang nama gawainya. Itu aja masih tantangan abad ini :P
Setelah dicas dengan baik dan benar, akhirnya si hape hidup lagi. Pirtinyiinnyi… masi harus gue kasi nama gak ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar