16 September 2013

705

Antara memiliki dan tidak memiliki mobil, terdapat jurang yang besar. Dan, begitu besarnya sehingga belum punya sama sekali dianggap lebih maju dari tidak punya. Kalau ada kata belum, itu berarti Anda akan punya mobil. Maksudnya, akan menjadi sudah punya mobil. Dan, ini sebetulnya sungguh berbeda dengan tidak punya mobil selama-lamanya. Tapi di Indonesia, dalam konteks mobil, perbedaan itu tidak berpengaruh. Belum punya itu sama saja dengan tidak punya.

Ini menjelaskan, betapa mobil mempunyai makna penting dalam suatu konteks tertentu — yakni bukan konteks transportasi, yang mempunyai konsekuensi jauh lebih mendalam ketimbang soal gengsi dan non-gengsi.
(Seno Gumira Ajidarma, 2004, Mobil: Sebuah Mitos)

Saya benci sepeda motor. Saya pelanggan ojeg. Adik, teman-teman, bahkan mantan kecengan (oh sungguh frasa ini menyedihkan sekali) saya pun pengguna motor. Tapi sungguh saya benci sepeda motor. Sebagai pejalan kaki, sepeda motor menjadi elemen jalan raya yang mengerikan. Saya sering tidak bisa menduga dari arah mana dan seberapa cepat sebuah sepeda motor akan melaju ke arah saya. Dan ketika serombongan sepeda motor memenuhi setiap celah jalan raya, kata yang terbersit di benak saya adalah swarming — seperti segerombolan zombi.

Berlipatgandanya jumlah sepeda motor beberapa tahun terakhir ini merupakan dampak dilonggarkannya persyaratan untuk mencicil motor. Walhasil, dengan uang pangkal beberapa ratus ribu rupiah saja, Anda sudah bisa pakai motor baru. Menurut obrolan warung kopi, motor "murah" ini tak lain kompensasi dari tidak mampunya pemerintah menyediakan angkutan umum yang layak, sekaligus hasil perselingkuhan dengan industri otomotif.

Kadang saya tidak mengerti perilaku konsumen Indonesia. Naik sepeda motor itu, hemat saya, sangatlah tidak nyaman. Lebih enak naik angkot, tinggal duduk dan main angry birds, tau-tau sampai. Untuk keperluan keluarga, naik motor juga tidak aman. Dan cicilan motor yang katanya "murah" itu, toh banyak yang macet juga. Tapi saya lupa bahwa tidak semua orang seberuntung saya. Tempat kerja saya hanya dua puluh lima menit naik angkot. Pun jika diperlukan, saya masih bisa naik taksi. Sementara bagi orang lain, ongkos yang harus mereka keluarkan jika naik angkot mungkin setara jatah makan siang. Lebih baik uangnya digunakan untuk mencicil motor.

Dan jangan lupa bahwa bagi banyak orang, punya motor, "kendaraan", adalah sebuah pencapaian. Dan siapalah saya ingin melucuti kebanggaan dan kesukaan mereka?

Beberapa hari terakhir, tersiar kabar beberapa produsen akan meluncurkan mobil murah. Muncul pro-kontra antara lain dari Gubernur DKI Jakarta dan Menteri Perindustrian. Menurut Pak Gubernur, mobil murah akan menambah kemacetan di Jakarta. Menurut Pak Menteri, mobil murah bukan hanya dipasarkan di Jakarta saja, dan ini untuk memberikan kesempatan bagi rakyat kecil agar bisa punya mobil.

Dan saya? Sepeda motor murah saja sudah bikin pusing ini pulak ditambah mobil murah? Apa harus mulai mikir untuk jalan ke kantor?

Secara teori memungkinkan sih...
Ada beberapa perkeliruan dalam rencana mobil murah dan pernyataan Pak Menteri itu. Yang pertama, kalo mobil murah dipasarkan di seluruh Indonesia, artinya gak akan berdampak ke Jakarta. Duh ini jaka sembung banget deh. Lagian mengingat sebagian besar rupiah itu beredarnya di Jakarta, logikanya pemasaran di Jakarta pasti akan lebih banyak dibandingkan, misalnya saja, Balikpapan atau Sorong.

Yang kedua, lhah, buat apa pemerintah susah-susah naikin harga BBM kalo ujung-ujungnya dihambur-hamburin buat mobil murah.

Yang ketiga, Pak Menteri bilang kalo mobil murah ini untuk rakyat kecil. Gini ya Pak. Saya pegawai negeri golongan 3b. Artinya ada sembilan golongan yang gajinya di bawah gaji saya.

Tetep aja gaji saya gak cukup tuh untuk beli mobil yang katanya "murah" itu. Tujuh puluh juta itu, buat rakyat "kecil", masih mahal Bapaaaak...

"Negara maju bukanlah tempat di mana orang miskin memiliki mobil,
melainkan tempat di mana orang kaya menggunakan angkutan umum."
- Walikota Bogota

Banyak teman yang mengutip ucapan Walikota Bogota ini untuk mengomentari pernyataan Bapak Menteri. Saya mengamininya sepenuh hati. Dari segi ekonomis, lingkungan, dan keadilan sosial, angkutan-umum-untuk-semua adalah pilihan yang paling masuk akal.

Tapi saya yakin, dan mungkin sudah terjadi, mobil murah ini akan laris tandas begitu diluncurkan. Dan yang membelinya mungkin orang-orang seperti saya, yang sebenarnya cuma berbekal slip gaji untuk bukti kemampuan mencicil. Karena, seperti kata Seno di atas, arti sebuah mobil itu jauh lebih luas dari alat transportasi. Bahkan bukan sekedar gengsi.

Mobil adalah pencapaian. Kebanggaan dan kesukaan.

Jadi memanglah watak kita watak negara miskin. Walaupun terpaksa berutang, walaupun jadi terjebak macet berjam-jam, yang penting punya mobil. Begitukah?

10 komentar:

  1. sedih ya.. :(

    btw, akhir2 ini gua sama takutnya pada mobil dan motor. Sebagai orang yg sering jalan kaki, menyeberang jalan di Jakarta itu mengerikan, terutama jalan yg searah. Motor dan mobil sama2 ngebutnya, sekalipun ada zebra cross! Bukan cuma zebra cross yg tidak berlampu lalin, zebra cross berlampu lalin pun sering diterabas mobil dan motor pas lampu merah menyala! Kampret.

    soal angkot vs motor, tergantung sih. Angkot kan nggak sampe dalam2 perumahan. buat yg rumahnya deket ke jalan yg ada angkot, mungkin enak. Tapi kalo yg jauh, ya pasti banyak yg lebih milih naik motor.

    duh, bisa panjang banget kalo ngomongin ini..
    enaknya sambil 'makan' nih ran... 'makan'nya ttg transportasi :)))

    BalasHapus
  2. hahaha... yuk 'makan' vir

    di bandung mobil masih rada behave sih, kecuali segelintir yang isinya cuma satu orang tapi suka rese nglakson2 kalo ada angkot naik-turunin penumpang (dendam kesumat gue tak tersalurkan)

    kalo angkot vs motor kayanya lebih masalah ekonomi sih vir, mengingat kalo sekedar untuk akses ke jalan ojeg bertebaran di mana2. kalo jarak tempuhnya jauh, signifikan sih bedanya motor sama angkot. makanya gue bisa jumawa naek angkot karena emang rumah gue deket. kalo rumah gue di margahayu, mungkin gue beli mobil juga. gugurlah semua teori di atas :P

    BalasHapus
  3. ujung berung jelas angkot friendly, 24 jam. tapi gua pernah tinggal di margahayu dan enak kok naik angkot. abis macet di sana ga ketulungan. buat gw naik angkot lebih ga bikin stress, meskipun banyak yang nyetirnya gilak2.

    kalo gw tanya temen2 katanya mereka berenti naik angkot karena mahal. tapi gw malah ngerasa bisa hidup serasa orang kaya karena naik angkot. nggak dipusingin utang cicilan motor. trus bisa makan sushi tei sebulan sekali kalo mau

    BalasHapus
  4. hihi ok tinggal di margahayu dan beli mobil kayanya emang ga logis. tapi kalo lo kerja kantoran (8-4), pake motor jadi logis sal, justru karena macet pisan. kalo naik angkot bisa ga ngejar

    yuk sushi tei :D

    BalasHapus
  5. oh iya soal sopir angkot yg nyetirnya edan, akhir2 ini gue justru lebih menolerir mereka ketimbang mobil2 yg isinya cuma satu orang dan rajin nglakson pulak. heuhh... nulis gini aja emosi sayah X(

    BalasHapus
  6. Ntar sushi tei pas udah balik bandung yak, setelah gajian hahahay. Gw lagi di luar kota euy.

    Dulu gw di margahayu pas jadi anak smp. Itu kayak kerja kantoran juga kan? Jalannya belum selebar sekarang, jadi macetnya edun. Tapi naik angkot bikin gw ga mikirin jalan. kalo soal waktu tinggal ngaturnya sih.

    Pada dasarnya gw ga suka naik motor jarak jauh karena ngerasa ga aman. Trus taksi juga ga suka, asa buang duit dan ga bisa ngeceng sekitar, kecuali kalo kepaksa banget. Soal ugal2an angkot emang bener tuh. Gw jauh lebih nyaman naik angkot caur daripada naik mobil yang penumpangnya galau maki2 kemacetan. Lagian dulu gw suka banget sopir angkot ugal2an supaya ga telat sekolah. jadi emang tetep naik angkutan umum ditambah jalan kaki paling joss.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. gue adalah militan yang menyerah. punya mobil sekarang.

    BalasHapus
  9. eh eh kalo naik kopaja atau metro mini, rasa terancam bukan hanya dari sopir yg ugal2an, tapi juga dari pengamen2 yg suka ngancem secara tak langsung (atau tepatnya gertak).. dan kadang matanya beler.. entah orang2 beler bisa melakukan apa aja..
    eh ini OOT ya? gakpapa deh, numpang curhat juga ya Ran.. :)))

    BalasHapus
  10. @sali:
    gue sekarang malah bahagia banget ada taksi, soalnya dulu kalo pulang malem suka ribet dan ngeresein orang. dulu naek taksi mikir mahalnya, sekarang alhamdulillah ada rejekinya dan jatuhnya tetep lebih murah daripada punya mobil sendiri

    @stania:
    hihi ga pa2 stan, selama lo inget bahwa kita yang pake kendaraan umum berada di tataran moral yang lebih tinggi ;))
    sometimes I wonder if I'm using public transportation only for bragging rights :P

    @vira:
    yaaa... kita buka lapak curhat vir :D
    terakhir di jakarta kayanya gue udah nyerah naik ojek aja deh. naik kopaja/metromini ga kuat jalannya... panassss

    BalasHapus