02 Februari 2009

412

Kemarin dapat surat-e ini. Gue salin-tempel kecuali nama pengirimnya.

Berita di koran pagi ini, polling* kursi PVV geert wilders adalah 23 kursi. Menjadi partai politiek terbesar ke-3 setelah CDA dan PVDA.

Banyak yg tidak mengira kan..

Salah satu agenda PVV adalah mengubah UUD yg menyatakan semua wn mempunyai hak yg untuk beribadah sesuai kepercayaannya. Wilders ingin mengubah UU hanya untuk umat kristen-yahudi dan humanis. Islam kemana ? islam menurut wilders tidak digolongkan sebagai agama, ttp sebagai idiologi yg berbahaya. Dan pengikutnya dianggap berbahaya jg buat negara.

Orang2 di belanda sudah mulai berpikir dan siap2 bahwa PVV akan berkoalisi di pemerintahan dg partai lainnya. yg berarti bisa jadi wilders jd PM dan memilih orang2nya jd mentri. Jk ini terjadi, benar2 kabar buruk buat muslim di belanda. Krn wilders ingin minder islam : no mesjid, no jagal halal, no school moslem, no hijab, no muslim (wilders sudah pernah bilang,bagi yg 2 paspor baca : marokko or turki dideportasi), no ambternaar/polisi/anggota parlement muslim. Baca : benar2 akan memperlakukan muslim sbg warga kelas 2 di belanda dan tidak boleh ini itu ini itu.

Bagi yg pemegang izin tinggal (MVV) di belanda jg bakalan sulit or yg akan tinggal di belanda. Krn akan diliat latar belakang, dr negara mana, dll dll.krn wilders akan menutup imigrasi dr negara muslim.

Pemeriksaan ulang untuk wilders krn dianggap penghinaan thd islam (dilakukan tidak hanya oleh organisasi muslim ttp oleh advocaat beken belanda spong dan lucas) hanya menambah popularitasnya.

Ini sekedar info, untuk meliat sikon politiek di eblanda yg sesungguhnya. Skrg ini sikon politiek bener2 memprihatinkan untuk muslim di belanda.

Yang pertama kepikiran sama gue, kok ada ya hari gini orang yang pikirannya cupet seperti itu? Tapi setelah gue pikir-pikir lagi, Wilders itu politikus. Dia jualan. Mungkin dia benar-benar mempercayai apa yang dia omongkan, tapi gue yakin bahwa lebih dari itu, dia percaya bahwa itu adalah bahan jualan yang bagus.

Dan dia benar. Orang-orang membeli.

Hmpf.

*Editan gue. Berita terkait mengenai jajak pendapat yang dimaksud di antaranya di sini, sini, dan sini

3 komentar:

  1. Wilders itu kalo bagi saya ambivalen. Di satu sisi menyerang Islam tapi di sisi lain malah menjadikan Islam sebagai komoditas politik.

    Memang dasar politikus... hehehe :D

    BalasHapus
  2. hehe, itu ambivalen ya? bukannya setali tiga uang *halah*

    itulah, gue bahkan tdk yakin bahwa dia benar2 yakin islam seburuk itu. mungkin kalo dia jadi politikusnya 20 taun yg lalu, dia akan menjadi antikomunis bersuara paling lantang (hmpf, atau mungkin 30 taun yg lalu).

    dan ternyata orang belanda benar2 mempertuhankan kebebasan. rasanya setaun yg lalu wilders belum apa2, just a politician with a funny hair (according to my corridormates). gara2 dia diperiksa dgn tuduhan menghina islam, dan seolah2 "freedom of speech" terancam, orang2 jadi pada simpati. d'oh...

    BalasHapus
  3. Cerita menyedihkan lainnya di negeri seberang.

    BalasHapus