22 Oktober 2008

377

Periode ini gue ngambil kuliah Microbial Ecology. Sebenarnya udah ga harus ngambil kuliah si, tapi gue emang pingin kuliah ini karena dua alasan. Pertama, karena emang gue agak-agak kurang di mikrobiologi, bisa dibilang gak punya dasar sama sekali. Kedua, gue pernah beberapa kali ikut kuliahnya Gosse, dan dia ngajarnya asik banget. Hmm... jadi inget pingin bikin tulisan tentang dosen-dosen yang menginspirasi.

Pas mulai kuliah, ketemu alasan ketiga. Dosen satunya, Hauke, guanteng banget. Haah... gue ampe menghela napas begini.

Tapi tetep aja si, mo ganteng kaya gimana, masi aja gitu gue cengo' pas kuliahnya. Ga ngerti. Udah gitu pas tiga minggu pertama, tantangannya puasa. Minggu terakhir, habis makan siang. Hasilnya sama: ngantuk. Duh... ga kece banget deh gue terkantuk-kantuk di depan Hauke gitu.

Walhasil, ekspektasi nilai gue menurun secara eksponensial dari minggu ke minggu.

Tapi kuliahnya bagus si, beneran. Dan walopun ga nyambung secara langsung, tapi lumayan ngasi perspektif lain buat tesis gue. Eh, kok jadi serius gini ya?

Sebenarnya ada satu hal yang bikin gue penasaran. Udah agak lama juga si, sejak kuliah Biogeochemical Cycles dulu (Gosse ngajar juga di situ), dan lebih terkonfirmasi di kuliah ini. Kalo ngeliat mikroorganisme, kayanya banyak sekali aspek yang cuma bisa dijelaskan dengan teori evolusi.

Pertanyaan gue, adakah yang bisa menjelaskan, kalo ga pake teori evolusi, terus alternatif penjelasannya kaya gimana? Ga kebayang... Ada anak biologi di sini?

PS#1: Duh tulisan ini udah kelamaan ketunda. Jadinya garing ya?
PS#2: Oh iya, emang udah niat nulis ini, bukan karena om yang satu itu berubah pikiran :D

2 komentar:

  1. "...Adakah yang bisa menjelaskan, kalo ga pake teori evolusi, terus alternatif penjelasannya kaya gimana?..."
    dari Al-Asmaul-Husna salah satunya adalah Al-Musawwir no need further explanation :)

    BalasHapus
  2. pamaeh pisan si edo mah *pfiuh*

    ngga ah, Al Musawwir ga kontradiktif tuh sama evolusi. lebih mending "kun fayakun" (QS Maryam)

    BalasHapus