17 Agustus 2004

Berhubung ini tujuh belasan...

Kejadiannya minggu kemaren gue lupa hari apa, lagi kejebak macet di jalan ke stasiun yang kalo pagi penuh sama pedagang sayur gitu. Gue bareng Ita.

Ita: Mereka (maksudnya pedagang-pedagang sayur itu) nyadar gak sih kalo mereka tuh MENGGANGGU?

Gue: Nyadarlah, tapi terus kenapa emangnya (ceritanya sinis)?

Ita: Kan kita ngejar kereta juga nyari duit.

Abis itu gue ngahuleng (tentunya tidak right away, karena abis itu kan harus buru-buru membeli karcis dilayani mas-mas yang *aargh! mo marah!* dan lari-lari mengejar kereta yang untungnya belum berangkat). Ya itu, gue mikir, iya ya? Gue juga punya HAK untuk menikmati jalan yang gak macet sama dengan mereka juga punya hak jualan, TAPI GAK DI SITU ITU KAN JALAN UMUM! Huahaha, gue nulisnya emosi jiwa gini. Yea kalo gue harusnya berangkat jam 06.05 tapi gue berangkat 06.15 dan gue telat, that's my fault. Tapi harusnya gue bisa berangkat jam 06.15 dan gak telat kalo...ah, sudahlah!

Dulu kan di pelajaran PMP (atau PPKN or whatsoever) selalu ditekankan bahwa kita harus mendahulukan kewajiban daripada hak. Kayanya ada orang yang kebagian hak doang, ada yang kebagian kewajiban doang, hehe. Ok, GUE gak se-ekstrem itu, tapi ADA kan?

The point is...setelah 59 taun, kita masih harus banyak belajar. Haha! Sok dalem banget. Maksudnya gimana sih, biar orang tuh nyadar gimana hidup BERMASYARAKAT yang bener (buset! bahasa penataran bener), bahwa di ruang publik, kepentingan kita pasti bersinggungan dengan orang laen, bahwa motor itu--ojek sekalipun--gak boleh naek-naek ke trotoar karena trotoar itu buat pejalan kaki, bahwa orang gak boleh ngerokok di ruang ber-AC karena asapnya gak bisa lari ke mana-mana, bahwa...

Siapa sih yang baca blog ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar