02 Desember 2018

746

Perjalanan ke Bangkok kemarin termasuk salah satu perjalanan paling gak terencana, ajaib, bloon, tapi seru yang pernah gue lakukan. Setelah lama gak digunakan (gue lebih terorganisir akhir-akhir ini, atau mungkin cuma beruntung aja), perjalanan ini kayaknya masuk kriteria "Rani banget" (Putroyudo, 20xx).

Ceritanya pada suatu hari di bulan Agustus gue lagi suntuk, pingin main tapi gak mau potong cuti. Lalu... gue daftar ke sebuah konferensi yang akan diselenggarakan di Bangkok pada bulan November. Masuk akal sekali kan... :D

Beberapa hari sebelum berangkat ada musibah yang menimpa keluarga yang bikin sempat gak enak hati untuk berangkat. Tapi gimana konferensi dan tiket udah dibayar, hostel udah dipesan (gak bisa dibatalin pula), ya sudah. Berangkat sambil perasaan rada gak keruan, atau emang setiap perjalanan kayak gitu ya...

Perjalanan berangkat ternyata lumayan lancar dan gak banyak drama. Agak lama karena pilih pesawat dari Bandung, jadi harus transit di Singapura. Biasanya kalo jalan sendiri gue selalu cari kamar-berbagi di hostel, tapi karena ini perjalanan campur kerja+main, komprominya adalah hostel (biar ketemu orang) tapi kamar privat (biar... privat). Hostelnya ku sukaaa... bersih, baru, dan nyaman.

Dari cari-cari info sebelum berangkat, sepintas keliatannya Bangkok sulit dijelajahi dengan jalan kaki. Sebagai kukulintinger, di hari pertama ku tetap mencoba dong... Tujuan pertama tentunya cari kopi. Jaraknya satu kiloan dari hostel, dan ngelewatin taman yang asik banget (Pa Emil, cik atuh nyieun taman teh nu jiga kieu alias jukut jeung tatangkalan asli). Dapet kope seduh tradisional Thai di kedai yang katanya bergaya Cina otentik. Dari situ menuju ke istana, lewat kampung-kampung kota di bantaran kali. Istananya mah ya... gitu deh. Pokonya udah ngabsen.

Selesai dari istana, barulah terbentur kenyataan di Bangkok sulit kukulintingan: panasnya gak kira-kira! Terdorong rasa lapar, akhirnya naik taksilah ke tempat yang terduga banyak jajanannya. Di situlah, setelah seharusnya sadar di kedai kopi maupun mengamati warung-warung pinggir jalan, gue terbentur kenyataan kedua: susah cari makan! Kayaknya emang salah lokasi juga, gak nampak warung atau kios yang aman. Yang judulnya baso ikan dan makanan laut pun menjual babi. Ketemu ibu-ibu bercadar dan suaminya, mereka bilang juga gak tau restoran halal di mana. Yasalam, cengar-cengir bego (dan laper) aja gue di pinggir jalan.

Akhirnya malamnya gue nekat naik ojég untuk nyari makan. Dan ternyata perjalanan naik motor di Bangkok sungguh luar biasa. Ngebut édan! Untung selamat dan ketemu tuh si tom yum halal. Pemiliknya bisa bahasa Indonesia sedikit-sedikit dan tempatnya rame luar biasa. Setelah sukses ngisi perut, timbul masalah baru: kumaha ieu balikna? Karena kapok naik ojég, ku memutuskan mencoba moda transportasi baru: tuktuk. Dan ternyata... sarua édanna jeung ojég sodara-sodara. Ku hanya bisa berpegangan erat-erat sampai kembali ke hostel.

Besok malamnya, rame-ramean dari hostel kita menuju ke Wat Arun untuk melihat festival Loy Kratong. Festival ini digelar di seluruh Thailand untuk menghormati dewi air. Kalo versinya Erika sih ini festival untuk buang sial. Udah semangat dong, kirain bakal liat sungai penuh sesajen dilatari kuil-kuil emas bercahaya. Apék téh kenyataan tak seindah bayangan, lebih banyak pasedek-sedek sama orang dan menunggu di perahu. Ternyata nénéng penjaga hostel yang asli Pattaya teh baru sekali ini ngerayain Loy Kratong di Bangkok, jadi belum tau selahnya dia. Semoga sukses taun depan ya Néng.

Inget soal gue daftar konferensi di bulan Agustus? Proses nulis abstraknya seperti ini:


Sebenarnya setelah itu berharap ada waktu lagi buat ngelab supaya dapet data baru yang lebih kece, tapi apa daya sibuk ga berhenti-berhenti. Walhasil yaa... yang dipresentasiin tetaplah data yang ditulis dalam waktu setengah jam itu. Bener-bener modal nekat dan pede aja hahaha. Alhamdulillah sih rasanya masih pantes.

Hari terakhir yang adalah hari Sabtu, ada waktu beberapa jam yang pas banget dong untuk main ke pasar Chatuchak yang terkenal itu. Sekitar jam sepuluhan gue cabut, bawa-bawa koper untuk naik skytrain ke Chatuchak. Sebenarnya si nénéng sudah nawarin koper ditinggal saja, tapi gue males bolak-balik karena katanya di stasiun metro ada loker. Dan begitu nyampe sana, ternyata lokernya penuh doong... Mau balik malu kan gue, udah pamitan peyuk-peyukan segala. Walhasil gue gak jadi ke Catuchak. Muter-muter aja naik skytrain, terus bolak-balik naik perahu di Chao Praya. Pedometer gue cuma kebaca 8000an langkah dong (waktu hari pertama sampe 18000), tapi sigélo itu naik-turun tangga bawa koper gak keitung kalorinyah?

Tapi untungnya, karena udah kecapean jadilah gue agak cepat nyampe di bandara. Ternyata proses pemeriksaan dan imigrasi lumayan ribet. Dan setelah dua belas jam ngebolang di Changi (minus drama selain sempet dibangunin Satpol PP), akhirnya balik juga ke Bandung.

Jadi pesan moral dari cerita ini adalah... gak ada sepertinya :P Lebih gak lagi menginspirasi, bikin baper, atau religius edukatif hahaha. Sepertinya Edo benar, ini hanya "Rani banget" seperti biasa :D

Usaha sia-sia untuk swafoto, terlalu fokus
ke latar hingga lupa fokus ka beungeut

1 komentar:

  1. aihhh ada namakuu disebuttttttt euyyy...bisa viral nih ini hehe

    BalasHapus