15 Maret 2016

736

Siapa bilang urang Sunda nggak bisa bilang 'F'? Itu mah pitnah!
-mangga di-google sendiri sumbernya

Saya teh gak ngerasa sunda-sunda amat sebenarnya. Dulu waktu SD di Bandung, bahasa Sunda saya paling berantakan dibanding teman-teman yang bahasa ibunya di rumah bahasa Sunda. Tapi beberapa waktu yang lalu saya menemukan bahwa di saat panik dan pikiran kacau, saya justru meracau dalam bahasa Sunda campur Inggris. Gak tau juga kenapa.

Tidak seperti mitos tentang orang Sunda, dalam keadaan normal saya bisa mengucapkan p, f, v, dan ph (bahasa Inggris) dengan baik, pun bisa membedakannya dalam menulis. Tapi hidup kan gak rame kalo datar-datar aja. Entah kenapa di Belanda saya malah sering ketuker antar p dan f/v. Biasanya kalo lagi kangen rumah. Dan kondisi ini gak menjadi lebih mudah ketika saya masuk grup Valorization of Plant Production Chains yang disingkat... VPP :(

Jadi saya berkeyakinan pabeulit p, f, v ini sebenarnya bukan karena gak bisa, tapi lebih subtil dan di bawah sadar. Contohnya ini:

Udah ada contohnya aja masih salah

Salah satu huruf, itungan bubar


I'm Vorrest... Vorrest Gumf

Bahkan ketika nulis tangan sekalipun
Ya udah sik mau gimana lagi. Untung kalo ngisi formulir, P untuk perempuan sama artinya dengan F untuk female. Aman.

3 komentar:

  1. kemaren2 nonton film Waalaikumsalam Paris.. sepanjang film, si karakter Eneng nyebut Paris jadi Faris.. :P tapi sayangnya cuma itu aja yang dia salah..lain2nya gak dipelesetin P dan F nya..

    BalasHapus
  2. harusnya gw jadi konsultan ya :P

    BalasHapus
  3. Ehm, gue baru tau kalau lu orang sunda.....

    BalasHapus