01 Mei 2011

579

Oooh... senangnya kembali pake ubuntu #pingin nyanyi

Pake MacOSX emang menyenangkan si, tapi ngulik ubuntu tak kalah menyenangkannya. Apalagi dengan kecepatan 45 mbps ;)) Setelah dua hari mengulik, kemajuan sejauh ini:
  • Suara udah keluar. Hahaha, curiganya pas pake Julia kemaren pun harusnya bisa keluar suaranya. Tapi untuk nubie seperti saya kayanya emang mesti yang standar dulu kali. Oh yeah ini akhirnya pake ubuntu 10.04 (lucid lynx). Ntar kalo udah jalan bener mungkin dinaikin ke maverick atau natty. Inih sekalian ditulis ulikannya biar ga lupa. Dapetnya dari sini:
0. Install driver? Ga tau ngaruh apa engga.
    $ sudo apt-get install linux-alsa-driver-modules-$(uname -r)
1. Buka berkas alsa-base.conf
    $ gksudo gedit /etc/modprobe.d/alsa-base.conf
2. Di akhir skrip, tambahin "options snd-hda-intel model=mbp55"
    (tanpa tanda kutip).
    Kayanya ini yg kemarin ga ketemu, soalnya kirain mesti
    masukin model mb71 atau apalah.
3. Hapus map ~/.pulse. Lupa kemarin dihapusnya dari terminal
    atau nautilus.
    $ sudo rm ~/.pulse
4. Reboot
    Kayanya habis reboot masi ada satu langkah lagi, tapi kemarin
    langsung keluar suaranya, jadi yang terakhir ga kepake.
  • Udah bisa akses berkas di sebelah (Mac, maksudnya). Tutorial lengkapnya di sini. Intinya sih matiin jurnal. Agak serem juga si, tapi sepertinya orang-orang di lifehacker tau apa yang mereka bicarakan.
  • Sekaligus bisa menyelaraskan library-nya banshee sama itunes. Banshee juga mesti diulik dulu supaya bisa muter lagu. Sebelumnya udah install paket terbatas (restricted extras) dari medibuntu.
$ sudo apt-get build-dep banshee
$ sudo aptitude install gstreamer0.10-ffmpeg gstreamer0.10-fluendo-mp3 gstreamer0.10-gnonlin gstreamer0.10-pitfdll gstreamer0.10-sdl gstreamer0.10-plugins-bad-multiverse gstreamer0.10-schroedinger gstreamer0.10-plugins-ugly-multiverse totem-gstreamer
  • Selain banshee, program-program yang udah di-install: chrome (ini tadinya mo dijadiin satu tulisan sendiri, enam bulan di sini saya udah setidaknya delapan kali meng-install chrome di enam komputer yang berbeda), VLC, minbar, pidgin. Yang belum: kdenlive, PSPP(?), celtx, apa lagi ya?
  • Huruf dari sebelah dan log-nya pidgin dari mprit sudah berhasil disalin ke tempat yang selayaknya. Artinya curhat-curhat saya selama setaun pake pidgin sudah bisa diakses kembali. Halah.
  • Dan... banyak waktu yang dihabiskan untuk mendapatkan tampilan yang menyenangkan tapi tidak seperti Mac ;)) Hihi, dangkal emang. Gue seneng tampilannya Julia, tapi ya gitu rewel. Sejauh ini sih cukup memuaskan, kecuali beberapa ikon yang masih kurang sreg.
Hehe lumayanlah untuk membuat gue merasa cerdas sok sibuk akhir pekan ini. Pokoknya semua yang penting udah jalan, jadi udah bisa berfungsi di ubuntu dan aya piulikeun kalo lagi bosan :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar