07 Desember 2008

396

Kadang-kadang suka pusing ngobrol sama tetangga meja sebelah kalo dia nanya-nanya tentang Indonesia. Maksudnya tentang kondisi politik dan sosial, tentang peranan wanita, dan semacamnya (ya, ya, pembicaraan kami memang berat seperti itu, hihi). Masalah gue adalah, satu, gue gak yakin dia kebayang betapa luas dan heterogennya Indonesia. Dan kedua, selain gue juga tidak selalu punya data yang valid, gue sendiri juga bukan contoh yang representatif.

Sebagai contoh, ketika dia nanya tentang posisi perempuan, lah gue kan pinginnya bilang, ya lo liat gue aja dong. Gue tidak dipaksa kawin muda -ehm!- dan bisa sekolah ke luar negeri. Masalahnya gue tidak bisa menafikan bahwa di pelosok mana Indonesia ada anak kecil yang harus putus sekolah hanya gara-gara dia perempuan. Tapi secara umum, gue berusaha bilang bahwa Indonesia gak jelek-jelek amatlah.

Tapi baca ini, gue jadi gak yakin juga. Ada yang setuju sama gue bahwa 10 juta manusia yang tidak bisa membaca itu BANYAK?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar