23 September 2007

296

Seumur-umur belum pernah ngerasain yang namanya jadi anak kos, kok ya sekali-kalinya ngekos sama orang Belanda :D

Mirthe. Mirthe orang pertama yang gue kenal. Dia yang ngetok pintu kamar gue dan memperkenalkan diri (dasar gue pendatang baru ga tau diri, hehe. tapi pas gue nyampe tu emang yang sepi banget ga ada orang). Dia koordinator koridor, yang melakukan hal-hal yang rasanya gue sih malas melakukannya seperti mengatur jadwal bersih-bersih dan uang kas. Anaknya baek dan mau menjawab pertanyaan-pertanyaan bodoh gue.

Casper. Sebenarnya gue duluan ngeliat Casper dibanding Mirthe. Tapi dia jarang ngomong, dan baru hari kedua atau ketiga gitu gue kenalan sama dia. Ternyata dia bukan cuma jarang ngomong, tapi juga jarang keliatan. Jangan-jangan dia hantu :D

Marijke. Marijke baru dateng kira-kira seminggu setelah gue datang. Dia yang paling lama tinggal di koridor ini dan dia mengajar anak-anak umur lima taun di Benekom. Dia juga baik dan Mirthe bilang dia relijius sekali. Tapi yang paling penting dia punya setrikaan yang bisa gue pinjem :D Jadi minggu-minggu pertama di sini gue banyakan cuma ngobrol sama Marijke dan Mirthe.

Bas. Hehe, Bas dilewat dulu ya.

Gys. Gue baru ketemu Gys setelah sebulanan. Dia gak selalu tinggal di sini dan gue lupa penjelasan Mirthe tentang ke mana dia kalo gak tinggal di sini. Anaknya asik dan punya tampang senyum yang menyenangkan. Dia bilang dia punya terlalu banyak energi dan kayanya emang iya.

Bas. Gue ketemu Bas beberapa hari setelah gue datang, lupa persisnya kapan. Gue gak pernah bener-bener kenalan sama dia, soalnya waktu pertama ketemu gue sudah berpakaian lengkap mau berangkat dan dia sedang berdiri di dapur cuma pake celana dalem doang.

Kalo gue emang belum mengalami kejutan budaya, saat itu gue mengalaminya :D

Rada ribet juga si tinggal sama bule semua. Terutama soal kamar mandi dan dapur yang harus berbagi. Londo-londo ini punya kebiasaan masak bareng (it's very Dutch, katanya), tapi gue ga pernah ikutan dengan alasan:
1. gue tidak makan babi dan berusaha selalu makan daging yang halal dan tidak menggunakan alat masak yang bekas memasak babi sebelum dicuci bersih dengan sabun dan air panas terlebih dahulu
2. mereka makan malam jam 6, sementara gue paling cepet jam 8

Banyak juga hal-hal lain seperti kamar terlalu besar dan sewa terlalu mahal yang membuat gue pingin pindah.

Tapi gue lalu merusakkan mesin cuci.

Mesin cucinya gak mau nyala, jadi gue menekan tombolnya lebih kencang dan... ngeplos ga bisa keluar lagi. Waktu itu sudah malam dan gue sedang menghadapi masalah-masalah lain seperti hidung tersumbat karena flu jadi gue cuma mikir, "besok tinggal telpon caretaker lah, beres." Besoknya gue baru inget kalo mesin cuci itu bukan properti-nya housing, jadi gue ga bisa minta betulin ke caretaker. Dan semua orang sudah pergi dan gue gak tau mau ngapain. Akhirnya gue ninggalin pesan kalo gue ngerusakin mesin cuci.

Siang gue balik dan gak menemukan siapa-siapa. Sorenya baru ada Gys dan Mirthe dan gue bilang kalo gue ngerusakin mesin cuci. Mereka ngecek dan bilang bisa dibetulin kok. Dan ternyata emang bisa dengan cara-cara yang gue yakin tidak direkomendasikan oleh teknisi Electrolux :D

Malamnya kita ngerayain ulang taun Mirthe. Mereka nunggu gue buka puasa sebelum mulai makan kuenya.

Pikir-pikir, kan gue jauh-jauh ke sini salah satunya pingin ngerasain hal-hal yang very Dutch. Dan karena Heineken dan ganja mungkin harus dicoret dari daftar, tinggal bersama londo-londo ini adalah kesempatan untuk ngerasain a very Dutch life.

Jadi gue memutuskan gak jadi pindah. Lagian Bas udah gak pernah keluar cuma pake celana dalem lagi :D

Ok deh. Program hari ini mandi, terus beres-beres kamar. Sepi nih.

Eh, ada suara di luar.

Oh my God! Bas cuma pake celana dalem!

6 komentar:

  1. Bas ini kayaknya lucu banget. Apakah nama lengkapnya Basuki?

    BalasHapus
  2. betul bud. lengkapnya lagi J. Basuki Mawabea :D

    BalasHapus
  3. Huaahahah.. Si Bas lucu ya kayaknya.. Kenalan donk.. Sabar2 aja di negri orang ya mbak.. Met puasa! salam kenal dri Padang :D

    BalasHapus
  4. Selamat nge-kost ya! Baik2 disana...

    BalasHapus
  5. hehehe, selamat mbak.....selamat...

    BalasHapus