15 September 2006

252

Kuliah di Ganesa (di LFM tepatnya) dan tinggal di Ciumbuleuit membuat gue terpaksa akrab dengan jasa ojeg. Khususnya kalo pulang malam dan gak ada orang yang bisa ditebengin atau bersedia mengantar. Gara-garanya, tentu, karena angkot St.Hall-Ciumbuleuit bernomer 12 (yang gak nyampe stasiun) dan 13 (nyampe stasiun) cuma beroperasi paling mentok sampe jam 7 malem. Lewat dari itu—terkadang malah sebelumnya—terpaksalah ojeg jadi pilihan.

Kerja di daerah Cisitu sekarang, kebutuhan pergaulan dan mata pencaharian membuat gue masih sering berkeliaran di daerah kampus dan sekitarnya pada pascajam kantor. Karena pulang lewat jam angkot, lagi-lagi konsekuensinya harus naik ojeg. *hmmpf* tidak berkembang!

Kalo diitung-itung, ketekoran yang gue derita akibat pulang naik ojeg adalah tiga kali ongkos pulang "normal". Misalnya sekarang, ongkos pulang naik angkot Kampus-Gandok (1000 rupiah) dan Gandok-Gunung Kareumbi (1000 rupiah) adalah 2000 rupiah. Dari Gunung Kareumbi bisa naik ojeg 1000 rupiah lagi, tapi normalnya sih jalan. Kalo kemaleman, ongkos angkot Kampus-Gandok (1000 rupiah) dan ojek Gandok-Rumah (5000 rupiah) jadi 6000 rupiah. Berarti gue tekor 200%.

Ternyata ini udah berlangsung dari dulu. Waktu ongkos angkot masing-masing 500 rupiah (total 1000 rupiah), ongkos ojeg 2500 rupiah (total 3000 rupiah). Waktu ongkos angkot masing-masing 200 rupiah (ya ampun, ongkos pernah semurah ini ya?), ongkos ojeg 1000 sehingga ongkos pulang total jadi 1200 rupiah. Wah, gue merasa jenius bisa menarik kesimpulan dari perjalanan gue selama ini.

Lalu gue mencoba menarik kesimpulan yang lebih umum, setidaknya yang berlaku di daerah Ciumbuleuit.
Jika A= ongkos angkot;
O= ongkos ojeg
ongkos angkot plus ojeg sama dengan 3 kali ongkos normal (2 kali ongkos angkot)
A + O = 3 (A + A)
A + O = 6 A
O = 5 A
Tiba-tiba gue tidak merasa jenius lagi.

*sambil nulis ini, kumbang di telinga gue menyenandungkan lagu Doel Soembang itu, "Ojeg, ongkos ngajegang..." Yaah... pulang naik ojeg lagi hari ini*

2 komentar:

  1. haha! jenius! *eh, gak jenius ya?* dan gue tetep gak percaya waktu elo dulu bilang, "ojeg = ongkos ngajegang" hahaha. doel sumbang ternyata... bener2 sumbang tuh orang...

    BalasHapus
  2. ojek: kadang murah, kadang jadi mewah. malah dari kadang bisa setara ongkos taksi. :)

    BalasHapus